Memaknai Teladan Keluarga Nabi Ibrahim dalam Iduladha 1444 H

    Memaknai Teladan Keluarga Nabi Ibrahim dalam Iduladha 1444 H

    KOTA MALANG - Universitas Brawijaya melalui Pusat Pembinaan Agama (PPA UB) menyelenggarakan Solat Iduladha 1444 H. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis (29/06) di Lapangan Rektorat UB ini diikuti oleh segenap sivitas akademika serta masyarakat sekitar kampus.

    Bertindak sebagai imam sholat  Fahmi Arief Hidayat S.Kom dari Fakultas Hukum dan khatib Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Brawijaya Prof. Dr. Ir. Imam Santoso M.P, yang menyampaikan tentang “Mengungkap Spiritualitas dan Meneladani Hikmah Keluarga Nabi Ibrahim AS.

    Dalam khutbahnya Prof. Dr. Ir. Imam Santoso M.P. menegaskan dan mengingatkan kembali kepada jamaah solat Iduladha tentang keluarga Nabi Ibrahim A.S. yang ketaqwaannya pada Tuhan diabadikan dalam rangkaian ibadah Haji dan Qurban.

    “Terdapat banyak sekali, sisi-sisi kesalehan keluarga Nabi Ibrahim yang dapat kita teladani. Di antaranya adalah Nabi Ibrahim sangat kuat memegang teguh akidah dan syariat, ia diberi hujjah yang kuat oleh Allah Taála sehingga selalu dapat mematahkan berbagai dalih yang dilontarkan oleh orang-orang musyrik ketika menyampaikan kebenaran. Ia pun santun dan dengan hikmah dalam berdakwah. Tidak hanya itu, Nabi Ibrahim begitu taqwa dan tawakal tanpa meningggalkan ikhtiar, dan betapa ayah dan anak ini rela berkorban demi menjalankan perintah Allah”, ujar pria yang pernah memimpin Fakultas Teknologi Pertanian ini.

    Suasana pelaksanaan solat Iduladha di Lapangan Rektorat (29/6)

    Kisah keluarga Nabi Ibrahim, jelas Imam, adalah bentuk profil keluarga teladan sepanjang masa yang tidak akan pernah tertandingi. “Keyakinannya sempurna kepada Allah dengan dinamika perjalanan hidup yang penuh dengan ujian dan pengrobanan menjadi teladan seluruh umat sepanjang zaman. Interaksinya dalam masyarakat yang penuh dengan kesyirikan, namun mampu bersikap lembut dan santun terhadap ayandanya yang kafir, bersikap tegas menghadapi masyarakat yang musyrik hingga penguasa yang kafir dan dhalim. Perjuangan dihiasi dengan pengorbanan terindah dalam meninggalkan keluarga tercinta dan puncak pengabdian dan kerelaan berkorban dengan penyembelihan putra tercintanya Nabi Ismail AS”, pungkasnya.

    Pemeriksaan kesehatan hewan qurban

    Tidak hanya menggelar solat Iduladha, UB juga melaksakan penyembelihan hewan qurban yang berasal dari para pimpinan, sivitas dan rekanan yang dipusatkan di halaman depan Masjid Raden Patah UB.

    Tercatat tahun ini ada 3 ekor sapi dan 34 ekor kambing yang disalurkan kepada yayasan Bina UKM, lembaga sosial dan panti asuhan, lembaga pendidikan di Malang Raya, masjid dan mushola se-Malang Raya, dan petugas keamanan, kebersihan, parkir, driver, dan penjaga gedung di lingkungan UB. Untuk menjamin kondisi kesehatan dan kualitas, seluruh hewan qurban ini juga sudah dipastikan oleh tim pemeriksan hewan qurban dari Fakultas Kedokteran Hewan. (TWB)

    kota malang
    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono

    Artikel Sebelumnya

    Kolonel Imam Gogor Beri Kejutan di Hari...

    Artikel Berikutnya

    Semangat Pengabdian 14 Ribu Mahasiswa Menuju...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Kunjungan Kerja Aslog Kasad di TMMD Ke-122 Kodim 1704/Mappi
    Panglima TNI Hadiri Undangan Makan Siang Presiden RI di Istana Negara
    Pendidikan Gratis untuk Indonesia, Harapan yang Ada di Pemerintahan Prabowo
    Bakamla RI Sukses Gelar Latihan Bersama Penanggulangan Kecelakaan CBRN di Laut
    Kapolri Pastikan Siap Amankan dan Kawal Rute Pelantikan Presiden 

    Ikuti Kami