Fapet dan PT. Nestle Berikan Pelatihan Kualitas Semen Beku

    Fapet dan PT. Nestle Berikan Pelatihan Kualitas Semen Beku
    uji semen beku kepada inseminator koperasi dan supplier PT. Bersarang

    KOTA MALANG - Dosen Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) melalui Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) mengadakan pelatihan keterampilan uji kualitas spermatozoa (semen) beku, Rabu (7/9/2022). Kegiatan yang dilindungi oleh PT. Nestle Indonesia itu diperuntukan bagi petugas inseminator koperasi dan supplier PT. Bersarang.

    Bertempat di ruang rapat senat lt.6 Gd.V acara dibuka oleh Dekan, Prof. Suyadi. Dalam sambutannya dia mengatakan Inseminasi Buatan (IB) adalah kunci utama untuk meningkatkan populasi dan mutu genetik pada peternakan. 

    ”Ujung tombak dari keberhasilan metode IB ini juga mengandalkan keahlian dan keterampilan bapak/ibu inseminator yang mengikuti pelatihan hari ini.” ujar Suyadi

    Sehingga diperlukan peningkatan wawasan dan pengetahuan dari waktu ke waktu untuk meningkatkan kemampuan. Guna mendorong keberhasilan kebuntingan pada ternak.

    Selanjutnya guru besar pakar reproduksi, Prof. Trinil Susilawati memberikan penjabaran teori mengenai faktor penyebab kegagalan reproduksi. Kegagalan ini disebabkan karena pendeteksian waktu birahi pada ternak betina yang salah, pemberian pakan dengan kualitas rendah, pemilihan bibit yang kurang tepat, dan kerusakan semen.

    Prof. Trinil Susilawati (Guru Besar Fapet UB) memberikan pelatihan uji kualitas semen beku

    “Kerusakan semen bisa terjadi dari proses kriopreservasi sebelum IB. Yaitu penurunan suhu, dehidrasi sel, penyimpanan, penyimpanan, dan kemudian penemuan kembali.” ungkap Trinil

    “Kerusakan spermatozoa dapat berupa kerusakan membran plasma, membran akrosom, dan kerusakan biokimia dalam sel. Penyebabnya bisa terjadi saat proses pembekuan, karena cekaman dingin dan kristal es, ” jelasnya

    Penilaian kualitas semen beku dapat dilakukan secara mikroskopis melalui uji motilitas, konsentrasi, viabilitas (persentase hidup), dan uji morfologi (abnormalitas spermatozoa). Aktivitas tersebut disuguhkan kepada peserta secara langsung di laboratorium rekaman ternak sehingga mereka dapat menyaksikan dan berlatih teknik uji kualitas semen.  

    “Kami berharap melalui kegiatan ini para bapak/ibu inseminator ini dapat melakukan uji kualitas semen beku. Sehingga meminimalisir kegagalan metode IB yang disebabkan oleh kurangnya pengetahuan petugas inseminator, ” kata Trinil ( dta/Humas UB )

    kota malang
    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono

    Artikel Sebelumnya

    Serap Aspirasi Warga Masyarakat,Polresta...

    Artikel Berikutnya

    Atla Tegar, Ajudan Milenial dari FH UB

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Kunjungan Kerja Aslog Kasad di TMMD Ke-122 Kodim 1704/Mappi
    Panglima TNI Hadiri Undangan Makan Siang Presiden RI di Istana Negara
    Pendidikan Gratis untuk Indonesia, Harapan yang Ada di Pemerintahan Prabowo
    Bakamla RI Sukses Gelar Latihan Bersama Penanggulangan Kecelakaan CBRN di Laut
    Kapolri Pastikan Siap Amankan dan Kawal Rute Pelantikan Presiden 

    Ikuti Kami