Buat Film Hanya 34 Jam, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Raih Juara 1 

    Buat Film Hanya 34 Jam, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Raih Juara 1 

    KOTA MALANG - Labib Fairuz Ibad dan Lukas Beny Satria Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP dari UKM Nol Derajat Film berhasil mendapatkan juara 1 pada Begadang Filmmaking Competition 2022, Bali International Short Film Festival yang diselenggarakan oleh Yayasan Minikino. Menariknya, mereka membuat film tersebut hanya dalam waktu 34 jam.

    “Karena pastinya lomba membuat film ini dari begadang, sesuai namanya itu membuat film dalam waktu cuman 34 jam. Itu dikasih dari jam 7 pagi besoknya jam 5 sore. Udah selesai filmnya, udah upload, ” ujar Labib, Senin (24/10/2022).

    Dalam perlombaan tersebut, Labib menyiapkan beberapa persiapan yakni mental, berusaha menanamkan mindset lomba ini adalah panggung kita dan harus bisa. Kedua adalah ketangkasan diri atau cekatan.

    Ia juga mengatakan terdapat beberapa tantangan yang dihadapi pada lomba ini sebab ada elemen elemen yang harus dimasukkan ke filmnya seperti menggunakan warna yang dominan dalam film. Kemudian mengumpulkan baju, memikirkan naskah, dan musik yang harus berasal dari anggota tubuh.

    “Uniknya lagi, karena kita mengusung tema superhero seperti gaya kaiju, maka dari itu itu harus ada beberapa unsur spesial efek, salah satunya harus mengambil shoot robot di depan latar green screen. Nah, karena kita ga punya lampu yang mumpuni, kita ambil shoot robot itu dengan cahaya natural dibantu dari cahaya matahari. Dikejar waktu tuh shoot-nya karena ga bisa sampe sore karena udah ga ada cahaya cukup lagi, ” tambah Beni.

    Beni juga berbagi tips dan trik dalam membuat film. Kuncinya saling percaya dan satu visi terutama teman teman dalam kelompok saling memahami visi. Karena dinamika kelompok juga berpengaruh untuk kerja dalam kelompok.

    “Kita harus bisa memaklumi dan menurunkan ego kita sendiri, ini kan kerja tim, bukan individu. Gimana kamu bisa memanusiakan manusia, tidak semena-mena kalau menyuruh, dan selalu bilang terima kasih, ” katanya. (Uli/Humas FISIP)

    kota malang
    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono

    Artikel Sebelumnya

    Komandan Korem 083/Bdj Hadiri Upacara Peringatan...

    Artikel Berikutnya

    Keren, Taekwondo ITN Malang Bawa Pulang...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Kunjungan Kerja Aslog Kasad di TMMD Ke-122 Kodim 1704/Mappi
    Panglima TNI Hadiri Undangan Makan Siang Presiden RI di Istana Negara
    Pendidikan Gratis untuk Indonesia, Harapan yang Ada di Pemerintahan Prabowo
    Bakamla RI Sukses Gelar Latihan Bersama Penanggulangan Kecelakaan CBRN di Laut
    Kapolri Pastikan Siap Amankan dan Kawal Rute Pelantikan Presiden 

    Ikuti Kami